Augmented Reality animasi Jungkat Jungkit - Belajar Bersama Augmented Reality animasi Jungkat Jungkit | Belajar Bersama

Translate

Kamis, 19 Maret 2015

Augmented Reality animasi Jungkat Jungkit

Selamat siang

Jungkat-jungkit adalah sebuah permainan di mana papan panjang dan sempit berporos di tengah, sehingga di saat salah satu ujungnya bergerak naik maka ujung yang lain bergerak turun.
Papan jungkat-jungkit di dalam taman bermain lazimnya dirancang agar seimbang di tengah. Masing-masing orang duduk di setiap ujung, kemudian mereka bergiliran melonjakkan tubuh dari tanah. Jungkat-jungkit biasanya memiliki pegangan untuk dipegang saat mereka duduk saling berhadapan.

Jungkat-jungkit kadang-kadang digunakan untuk membantuk proses mekanis. Contohnya, pada komunitas Gaviotas di Colombia, jungkat-jungkit anak-anak terhubung dengan pompa air.

Augmented Reality atau dalam bahasa Indonesia Realitas tertambah dan dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Teknologi Augmented Reality sangat cepat sekali berkembang, di Indonesia sendiri telah banyak aplikasi-aplikasi yang menggunakan teknologi AR. AR merupakan terobosan  dibidang teknologi yang sangat canggih. Karena dengan teknologi ini kita dapat membuat segala hal yang abstrack atau virtual bisa kelihatan nyata atau real.
Realitas tertambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.

Pertama-tama yang kita siapkan adalah sebagai berikut :
  • Animasi 3D ( bisa menggunakan animasi 3D blender , 3Ds Max , dll | saya menggunakan blender )
  • Aplikasi Unity
  • Unity Extension ( download di developer.vuforia.com eta
  • Target Manager ( download di developer.vuforia.com )
Setelah sudah mempersiapkan bahan-bahannya selanjutnya kita mempersiapkan animasi blender 3D dan temen" bisa download di blendswap , temen" juga bisa langsung memasukan animation sekaligus diblender.


Selanjutnya setelah object selesai , kita mulai proses export'nya : Export -> Autodesk FBX (.fbx) -> simpan file yang berextension .fbx tersebut.



Setelah itu , bila object temen" terdapat Texture , export lagi : File -> External Data -> Unpack All into files ( jangan di centang yah yg automatical )


Setelah itu temen-teman sekalian sudah mempunyai beberapa file ( -file.fbx | - folder textures ) yang nantinya akan kita import ke dalam Unity nya.

Selanjutnya kita masuk kedalam Aplikasi Unity nya.



masuk pada unity tarik ke areanya Ar camera dan image target.Untuk main camera delete saja. Setelah itu buka folder Asset -> Qualcomm Augmented Reality -> Prefab , dan masukan AR camera dan Image Target ke dalam Scene , setelah itu setting AR camera dan image target menjadi 0 , 0 , 0 seperti berikut , dan ubah Data set yang semula -- Empety , menjadi belajar.


Selanjutnya Pilih asset import packed custom package


Lalu masukan Textures dan file.fbx tersebut ke folder yang kita buat tadi ( jungkat-jungkit ) dan seret object ke Scene , dan akan keluar seperti berikut.

setelah itu klik object tersebut dan setting seperti berikut  ( untuk yang menggunakan animation )
    • Model : ubah scene fector menjadi 0.1 setelah itu apply
    • Rig : ubah animation type menjadi Legacy setelah itu apply
    • Animations : ubah warp mode menjadi : loop , lalu centang add Loop Frame , dan ubah Warp Mode menjadi Loop setelah itu apply
Ini adalah nama link dari aplikasi 3D Blender & Unity :






Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML