Cara Membuat Buku Digital - Belajar Bersama Cara Membuat Buku Digital | Belajar Bersama

Translate

Sabtu, 16 April 2016

Cara Membuat Buku Digital


Buku digital, atau disebut juga e-book merupakan sebuah publikasi yang terdiri dari teks, gambar, maupun suara dan dipublikasikan dalam bentuk digital yang dapat dibaca di komputer maupun perangkat elektronik lainnya. Sebuah buku digital biasanya merupakan versi elektronik dari buku cetak, namun tidak jarang pula sebuah buku hanya diterbitkan dalam bentuk digital tanpa versi cetak. 

Buku digital
Format buku digital beragam, mulai dari format yang didukung oleh perusahaan besar (PDF oleh adobe, swf oleh flash, doc oleh Word) dan berbagai format lainnya yang didukung oleh perangkat maupun pembaca buku digital tertentu. Pada tahun 1990 dikembangkan pula format open e-book yang memungkinkan publisher dan pengembang software untuk menggunakan satu format yang dapat dibaca di perangkat manapun dan menggunakan berbagai software pembaca buku digital


Epub (electronic publication) merupakan salah satu format digital book yang merupakan format standardisasi bentuk, diperkenalkan oleh International Digital Publishing Forum (IDPF) pada Oktober 2011. Epub menggantikan peran Open eBook sebagai format buku terbuka. Epub terdiri atas file multimedia, html5, css, xhtml, xml yang dijadikan satu file dengan ekstensi .epub.

Format epub merupakan salah satu format buku digital yang paling populer saat ini, sebagai format yang tidak mengacu kepada salah satu pengembang tertentu, membuat format ini dapat dibaca di berbagai perangkat, seperti: komputer (AZARDI, Calibre, plugin firefox, plugin google chrome), Android (FBReader, Ideal Reader), iOS (ireader), Kobo eReader, Blackberry playbook, Barnes and Noble Nook, Sony Reader, dan berbagai perangkat lainnya.

Berbagai kelebihan epub yang ditawarkan telah menjadikan epub sebagai salah satu format buku digital yang paling banyak digunakan, fitur-fiturnya antara lain: 
-          Format terbuka dan gratis
-          Berbagai pembaca epub yang telah tersedia di berbagai perangkat
-          Berbagai software pembuat epub telah tersedia
-          Support untuk video dan audio - Reflowable (word wrap), dan pengaturan ukuran text
-          Support untuk DRM - Styling CSS  

Proses pengembangan epub dapat dilakukan dengan lebih mudah jika materi bahan ajar telah dibuat dalam format word terlebih dahulu, sehingga diharapkan peserta telah menyiapkan materi bahan ajar untuk dibawa ke pelatihan.
Terdapat 3 tahap pengembangan epub yang akan kita bahas dalam bab ini:  

 Sebelum dirubah menjadi HTML, ada beberapa hal yang harus dilakukan: 
-          Rubah semua pengaturan layout gambar menjadi inline with text, Klik kanan gambar -> Wrap text -> In Line with Text.  

Gambar yang tidak inline with text akan ditampilkan tidak pada tempatnya atau
bahkan menghilang
- Rubah semua smart object termasuk equation menjadi gambar, teka tombol print screen -> paste di paint. Semua smart object akan dihapus. - Akan lebih bagus jika dokumen sudah diformat menggunakan styling, hal ini berguna untuk pembuatan daftar isi nantinya
Setelah semua itu dilakukan, simpan dokumen menjadi html dengan cara File -> Save as-> Web Page, filtered. 

Pastikan yang dipilih adalah tipe web page, filtered. Web page akan menghasilkan output html yang memiliki sintaks yang tidak biasa digunakan pada halaman web.

Sigil merupakan sebuah software editor untuk epub yang bersifat open source. Untuk mengunduh sigil anda dapat mengakses websitenya di https://code.google.com/p/sigil/. Beberapa fitur dari sigil adalah:
-          Gratis dan Open Source dengan lisensi GPLv3
-          Multiplatform: dapat dijalankan di Windows, Linux dan Mac
-          Multiple view: Book view, Code View dan Preview
-          Dapat langsung mengedit tampilan epub di book view
-          Generator daftar isi dengan support untuk heading multi-level - Editor metadata
Semenjak versi 0.7.0 Sigil juga sudah mendukung import file video dan audio. Dalam tutorial kali ini kita akan menggunakan sigil versi 0.7.1.

Tampilan awal sigil
Panel sebelah kiri merupakan file browser untuk file-file yang terdapat di dalam epub, panel tengah merupakan editor, dan panel sebelah kanan untuk daftar isi dari dokumen epub yang sedang dikerjakan. 

 Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuka file html yang telah dibuat ke dalam sigil, dari sigil -> File -> Open, kemudian pilih file HTML yang telah dibuat.
Seteleh itu pastikan tidak ada kesalahan di dalam dokumen tersebut, hapus spasi yang lebih serta pastikan gambar sudah pada tempatnya.

Metadata merupakan sebuah informasi yang mendeskripsikan sebuah file. Pada epub, metadata berfungsi seperti identitas pada sebuah buku: judul, nama pengarang, tahun penerbitan, bahasa, ISBN, penerbit, kategori, deskripsi, dll.
Untuk masuk ke jendela metadata, dari sigil -> Tools -> Metadata editor , atau tekan tombol F8. Setelah itu silahkan masukkan judul (Title), pengarang (author), serta untuk menambahkan properti lainnya seperti penerbit, tahun terbit, dll silahkan tekan tombol add basic, dan kemudian rubah valuenya. 


Tampilan Metadata Editor


 Cover image merupakan halaman sampul dari buku digital kita, halaman sampul biasanya ditampilan di tampilan utama software pembaca buku digital bersama informasi lainnya, seperti judul dan pengarang. 
Contoh library pembaca buku digital
Untuk membuat cover image, anda perlu menyiapkan sebuah file gambar yang akan digunakan sebagai halaman sampul. Jika gambar yang ingin digunakan sebagai sampul sudah terdapat di dalam dokumen HTML, anda dapat menunjuknya sebagai halaman sampul dengan cara: Images -> pilih gambar -> klik kanan -> Add semantics -> Cover Image 
 Atau jika gambar belum tersedia, Anda dapat menambahkan file gambar tersebut dengan
cara:  Klik  kanan  images  ->  add  existing  files  ->  pilih  gambar.  Gambar  yang  dipilih  akan
ditambahkan  ke  dalam  folder  images,  dan  sudah  dapat  digunakan  sebagai  cover  image
dengan cara di atas.


Daftar  isi  merupakan  cara utama  pengguna  melakukan navigasi  di  dalam  dokumen  epub. Pengguna  dapat  langsung  membuka  bagian  dokumen  yang  ingin  dibaca  dengan menggunakan daftar isi tanpa harus membuka tiap-tiap halaman, sistem yang mirip dengan hyperlink di halaman web.
Sigil  memiliki  fitur  untuk  membuat  daftar  isi  secara  otomatis,  yang  perlu  dipersiapkan hanyalah menentukan header setiap bab yang ingin dimasukkan di dalam daftar isi. 
Jika  dokumen  word  yang  digunakan  telah  menggunakan  styling,  maka  dokumen  telah terformat secara otomatis, tetapi jika belum, maka pengguna harus menentukan header di sigil.  Yang  harus  dilakukan  adalah:  Tempatkan  cursor  di  kalimat  topik/subtopik  ->  pilih header

Dapat terlihat di gambar kiri, cursor (lingkaran merah) terletak di kalimat Konversi word ke HTML,  dan  ditetapkan  sebagai  h2  (header  2,  persegi  merah),  sedangkan  isi  paragraf  di gambar kanan (lingkaran merah) diberikan styling p(paragraf, persegi merah). 
h1 menandakan topik utama, h2 subtopik, h3 sub-subtopik, dst. Sedangkan p menandakan isi paragraf yang tidak dimasukkan ke dalam daftar isi. 
Untuk membuat daftar isi di readium cukup dengan masuk ke tools -> table of content -> generate table of content -> OK.



Sejak versi 7.0, Sigil telah mendukung import file video dan suara ke dalam okumen epub. Untuk saat ini format yang telah didukung oleh epub adalah: 
-          Video (mp4, webm)
-          Audio (mp3, wav, ogg)
Jika  ingin  memasukkan  video  dalam  format  lainnya  ke  dalam  buku,  Anda  dapat menggunakan  software  konversi  video,  salah  satunya  adalah  dengan  menggunakan software gratis, format factory (www.pcfreetime.com).
 Untuk  memasukkan  file  video/audio  cukup  dengan  menempatkan  cursor  di  tempat  yang anda inginkan, klik kanan -> insert file -> other file -> pilih audio/video yang diinginkan. 
Maka akan muncul tampilan pemutaran video/audio di jendela editor seperti di bawah.



Setelah  itu  tambahkan  sedikit  baris  kode  di  dalamnya,  taruh  kursor  di  samping  video (lingkaran merah), kemudian buka code view.

Merubah antara codeview dan bookview

Kemudian cari baris dengan sintaks 
  • <video controls="controls" src=”xx"></video>

Dan tambahkan sintaks berikut sesuai tipe file yang digunakan: 
MP4: type=”video/mp4” 
MP3: type=”audio/mp3” 
Wav: type=”audio/x-wav” 
Sehingga kode akhirnya menjadi: 
  • <video type=”video/mp4” controls="controls" src=”xx"></video>

Beberapa epub viewer membutuhkan properti di atas untuk dapat memutar video.
Setelah itu pilih file -> save as untuk menyimpan dokumen anda sebagai epub.


Terdapat  berbagai  macam  software  untuk  membaca  epub,  namun  hanya  sebagian  yang dapat memutar file multimedia, antara lain: 
  • -          aplikasi desktop -> GHP Reader 
  • -          Android -> Ideal Reader -> install dari google play
  • -          iOS -> iBooks
  • -          Google  Chrome  ->  Readium  ->  install  dari  chrome  store  ->  beberapa  video  tidak dapat diputar



Tampilan readium, ideal reader (android) dan iBooks (iPhone).

Selain  itu,  beberapa  software  epubreader  yang  dapat  digunakan,  tetapi  tidak  dapat menampilkan file multimedia adalah: 
  • -          Aplikasi desktop -> calibre, sigil, azreader, dll
  • -          Android -> fbReader, iBooks, dl
  • -          Firefox -> epubreader




Tampilan epubreader


Semoga tutorial ini dapat membantu teman-teman yang ingin mengembangkan buku digital dengan lebih mudah. Salam hangat L
Haritz C.N, 2013


























Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML